Minggu, 12 April 2009

Ayam jago Satria F 150


Pemilik Satria F boleh bangga karena motornya mendapat julukan motor bebek tercepat.FU memang unggul teknologi mesin. selain cc yg lebih besar daripada CS-1, mesin FU juga sudah menggunakan kem ganda (DOHC) 4 katup. jadi tidak heran jika powernya unggul 3,2 ps dibanding CS-1. harganya juga lebih murah sekitar 300rb dari CS-1.
Kekurangan FU ada pada konsumsi BBM yg boros. satu liter paling bisa dipakai jalan tak lebih 30 km. mungkin karena itu motor ini dibekali tangki bensin paling besar. Satria FU merupakan yang mempunyai kompresi 10,2:1 yang apabila menggunakan bahan bakar premium cenderung berkurang tenaganya. karena angka oktan yang dimiliki premium lebih rendah di banding pertamax. sehingga makin tinggi oktan maka akan kuat terhadap kompresi tinggi. kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala detonasi atau ngegelitik. karena kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. dan kompresi wajib diimbangi oktan tinggi. dan kalau kita tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, maka bukan gak mungkin piston akan jebol. dan akhirnya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar.

artinya, penggunaan bahan bakar tergantung kompresi motor.
motor lokal lain mempunyai kompresi kisaran 9:1 sampai 9,3:1. berbeda dengan satria FU yang mempunyai kompresi 10,2:1. karena kompresi berbanding lurus dengan oktan. maka alangkah baiknya jika satria FU kita kasih bahan bakar dengan oktan tinggi macem pertamax atau shell super.
selain itu untuk menyetel klep motor ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena penyetelan tak lagi menggunakan fuller gauge melainkan dengan menanam shim. salah penanganan FU justru gak lari. motor ini juga kurang fungsional karena desainnya murni bebek sport yg tidak menyediakan boks penyimpanan barang.

SPESIFIKASI TEKNIS

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) 1.945 x 650 x 980
Jarak sumbu roda (mm) 1.280
Jarak terendah ke tanah (mm) 140
Berat kosong (kg) 109
Kapasitas tangki BBM (liter) 4,9

Rangka
Tipe rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Monosok
Rem depan Cakram
Rem belakang Cakram
Tipe & ukuran ban depan 70/90-17
Tipe & ukuran ban belakang 80/90-17

Mesin
Tipe 4 langkah DOHC
Sistem pendingin Udara
Diameter x langkah (mm) 62 x 48,8
Kapasitas silinder (cc) 147
Perbandingan kompresi 10,2:1
Daya maksimum (ps/rpm) 16/9.500
Torsi maksimum (Nm/rpm) 12,5/8.500
Transmisi Manual 6speed

2 komentar:

Anonim mengatakan...

satria F memang tercepat di kelasnya..,,dri dulu saya kepengen naik tu motor,,,tpi lum ke sampek an ne,,,,,gmana ya..??

Anonim mengatakan...

pren, dari sekarang kumpulin duit pasti bisa deh....